Senin, 05 Desember 2011

Nostalgia KLa Project dengan Rasa Baru


Pada akhir era ‘80-an dan awal ‘90-an, apakah Anda seorang KLanis?   

Jika ya, pada akhir tahun 2011 ini ada kabar baik. Kla Project meluncurkan album “A Tribute to Kla Project” yang berisikan 10 lagu yang diambil dari rentang karier mereka selama 23 tahun.

Daya tarik utama dari album ini adalah dibawakannya lagu-lagu Katon Bagaskara, Lilo, dan Adi Adrian yang puitis dan penuh melodi oleh artis yang berbeda dan dengan rasa baru. Di antara mereka, banyak artis muda pendatang baru yang permainan musiknya sungguh elok.

Album dibuka dengan trio RAN yang membawakan lagu cinta “Tentang Kita” (dirilis tahun 1989). Di tangan RAN, lagu ini menjelma menjadi sebuah irama funk disco yang menyenangkan.

Di lagu kedua, “Lantai Dansa” (1989), The Upstairs menggila dengan irama new wave ditambah rap yang cepat. Mereka juga menambahkan sedikit interpretasi di departemen lirik. Hebat!

Muntahan nostalgia berlanjut dari nomor-nomor klasik seperti “Yogyakarta” (1990), yang dibawakan dengan kalem oleh kumpulan pop-rock Ungu. 

Ahmad Dhani sedikit bereksperimen pada “Terpurukku Di Sini” (1994) dengan mengubah lagunya menjadi aroma disko yang seksi (sepertinya ada latar vokal Mahadewi juga di sana).

Nomor-nomor langka juga tak luput dimasukkan dalam album ini. Maliq & D’Essentials membawakan “Prasangka” (2000) dengan interpretasi yang indah khas mereka. Semantara itu, Babas mengantarkan “Sudi Turun Ke Bumi” (1997) dengan nuansa rock yang garang. 

Sepuluh lagu pun berlalu dengan cepat. Para KLanis akan punya satu suara: Ini tak cukup untuk nostalgia! 

Dari sisi pemasaran, album ini juga punya terobosan baru. “A Tribute to KLa Project” hanya tersedia di sebuah jaringan minimarket. Jangkauan pemasaran hingga ke pelosok suburban terbukti dapat mendongkrak penjualan hingga lebih dari 30 ribu kopi dalam waktu sebulan.

Konsep kompilasi artis yang melakukan tribute pun perlu diacungi jempol. Selain tetap menjaring fans zaman dahulu, “A Tribute to KLa Project” juga sangat berpotensi meraup fans baru dari kesepuluh basis fans artis yang membawakan lagu-lagu di album tersebut. Bravo!

dikutip
http://id.omg.yahoo.com

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons